Tugas dan Wewenang Wasit dalam Permainan Sepak Bola sesuai Peraturan Terbaru FIFA

NugyDragon - Dalam setiap pertandingan olahraga, seorang wasit memiliki peran yang sangat penting yang akan berpengaruh terhadap hasil akhir pertandingan.
Meskipun wasit tidak serta merta menjadi penentu utama pertandingan olahraga, namun untuk mendapatkan hasil pertandingan yang memuaskan tentu diperlukan wasit yang mampu menunjukkan kredibilitasnya dalam memberikan penilaian yang adil dan sportif.

Demikian halnya dengan tugas dan wewenang wasit dalam permainan sepak bola. Secara umum, wasit dalam permainan sepak bola memiliki tugas dan wewenang yang sangat besar untuk memimpin serta mengatur jalannya pertandingan.

Dimana, seorang wasit juga memiliki hak penuh selama pertandingan berlangsung baik kepada semua pemain, pelatih maupun official team. Terkait hal itu, maka seorang wasit dituntut untuk memiliki kredibilitas tinggi terutama untuk penguasaan teknik sebagai wasit dan peraturan pertandingan sesuai standar yang berlaku.

Selain itu, seorang wasit juga harus jeli dalam mengamati jalannya pertandingan serta mampu mengambil keputusan terbaik yang adil.



Sebagai salah satu jenis olahraga favorit di dunia yang memiliki jumlah fans fanatik yang cukup fantastis, pertandingan sepak bola selalu berhasil menyedot perhatian penonton dalam berbagai kompetisi.

Permainan sepak bola menjadi hiburan tersendiri bagi pecinta olahraga yang membutuhkan kerjasama tim yang solid ini. Dukungan fans fanatik kepada tim yang diidolakan tak jarang berbuah bentrok hanya karena peran wasit yang dirasa tidak adil dalam memimpin jalannya pertandingan.

Untuk mengantisipasi resiko yang tidak diinginkan tersebut, maka sudah sewajarnya jika dalam setiap pertandingan sepak bola seorang wasit mampu berlaku adil dan memiliki integritas sebagai wasit yang profesional.

Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh organisasi sepak bola dunia FIFA, jumlah wasit dalam permainan sepak bola terdiri dari wasit utama yang dibantu oleh 2 orang asisten wasit atau hakim garis yang biasa disebut dengan istilah linesman serta wasit cadangan yang bertugas di luar lapangan pertandingan.

Tugas dan Wewenang Wasit Utama dalam Permainan Sepak Bola

Secara umum tugas wasit utama adalah sebagai pemimpin dalam pertandingan sepak bola. Adanya wasit utama yang adil dalam pertandingan akan membuat permainan sepak bola berlangsung secara tertib sesuai peraturan yang berlaku. Berikut ini adalah tugas wasit utama dalam pertandingan sepak bola:
  1. Seorang wasit utama berwenang dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul selama pertandingan berlangsung.
  2. Memulai permainan sepakbola dengan meniup peluit setelah sebelumnya melemparkan koin untuk menentukan tim pertama yang memegang bola.
  3. Menjalankan dan menjaga peraturan permaianan sepak bola secara baku serta memutuskan setiap perselisihan antar tim atau gangguan yang muncul selama pertandingan.
  4. Mengendalikan permainan dan mencatat setiap kejadian di lapangan selama pertandingan berlangsung dibantu oleh asisten wasit.
  5. Memiliki kewenangan yang tidak terbatas untuk menghentikan pertandingan jika terjadi pelanggaran selama pertandingan. Dalam hal ini wasit utama memegang kartu permainan dan akan memberikan kartu merah atau kartu kuning sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pemain.
  6. Selain memiliki hak untuk memulai pertandingan, wasit utama juga memiliki hak penuh untuk menghentikan, menunda dan mengakhiri pertandingan jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemain sepakbola maupun pihak luar.
  7. Menghentikan permainan sepak bola yang tengah berlangsung jika ada pemain yang cedera dan membutuhkan pertolongan di luar lapangan. Dalam hal ini, para pemain yang keluar lapangan karena cedera harus meminta izin terlebih dulu kepada wasit utama jika akan kembali memasuki area lapangan.
  8. Berhak untuk mengeluarkan pemain dari permainan sepak bola karena telah melanggar peraturan yang berlaku.
  9. Memberikan isyarat bahwa pertandingan sepak bola bisa dimulai lagi setelah terhenti akibat adanya pelanggaran atau pergantian pemain.
  10. Menentukan apakah bola yang akan digunakan untuk pertandingan sepak bola telah memenuhi standar. 
  11. Memastikan bahwa semua pemain bola tidak menggunakan aksesoris yang dilarang.

Tugas dan Wewenang Asisten Wasit atau Hakim Garis (Linesman) dalam Permainan Sepak Bola

Secara umum asisten wasit memiliki tugas membantu wasit utama dalam menegakkan Laws of the Game sehingga pertandingan berlangsung tertib. Berikut ini adalah beberapa tugas asisten wasit dalam permainan sepak bola:
  1. Membantu wasit utama dalam mengamati bola yang keluar dari garis lapangan dan menentukan off side tidaknya seorang pemain dalam pertandingan.
  2. Memeriksa gawang yang akan digunakan dalam pertandingan. 
  3. Membantu wasit utama dengan memberikan pertimbangan jika diminta.
  4. Menunjukkan bahwa bola keluar dari garis lapangan permainan dengan mengangkat bendera ke atas.
  5. Menunjukkan tim mana yang berhak untuk melakukan lemparan ke dalam, melakukan tendangan sudut ataupun tendangan gawang.
  6. Mengawasi tendangan sudut yang sedang berlangsung.
  7. Menunjukkan bahwa bola telah melampaui garis gawang serta menunjukkan apakah tendangan gawang atau tendangan sudut yang akan diberikan.
  8. Memberikan isyarat kepada wasit jika terjadi permainan yang kasar.
  9. Memberikan pendapat dan masukan terhadap permasalahan yang muncul jika diminta oleh wasit utama. 

Tugas dan Wewenang Wasit Cadangan atau Pengadil Keempat dalam Permainan Sepak Bola

Dalam aturan di tingkat nasional, seorang wasit cadangan memiliki peran dan tanggung jawab untuk menggantikan wasit utama ataupun hakim garis pada keadaan tertentu, yaitu ketika wasit utama maupun hakim garis tidak dapat melanjutkan tugasnya untuk memimpin pertandingan. Berikut ini adalah beberapa tugas wasit cadangan:
  1. Sebagai wasit administratif yang bertugas di sisi lapangan guna membantu tugas wasit utama, terutama dalam hal pengelolaan secara teknis, termasuk pergantian pemain, pencatatan jumlah skor, serta penghitungan jumlah waktu yang terbuang akibat adanya berbagai jenis insiden selama pertandingan berlangsung.
  2. Melarang official team untuk masuk ke lapangan pertandingan.
  3. Bertugas dalam memberikan penilaian tentang kesesuaian pakaian dan peralatan para pemain bola di lapangan berdasarkan Laws of the Game yang berlaku.
  4. Berperan sebagai perantara wasit utama, khususnya dalam memberikan keterangan selama pertandingan sepak bola berlangsung. Baik kepada official team atau klub, panitia pertandingan hingga pihak berwajib jika terjadi insiden tertentu.
  5. Tugas dan wewenang wasit cadangan selanjutnya adalah memberikan informasi terkait injury time kepada penonton.
  6. Memberikan isyarat kepada wasit utama jika pertandingan sepak bola telah selesai.
  7. Menerima isyarat dari wasit utama terkait skor atau nilai serta penghentian permainan. 
  8. Memberikan pendapat dan masukan kepada wasit utama jika diminta. 
Tidak dipungkiri jika tugas dan wewenang wasit dalam permainan sepak bola sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan bahwa di tangan wasitlah sebuah permainan sepak bola akan mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan peran wasit yang jeli, adil, dan objektif setiap tim sepak bola akan lebih termotivasi untuk memenangkan pertandingan, karena rasa percaya yang begitu tinggi pada integritas para wasit yang sportif dan bisa diandalkan. Sehingga tidak ada lagi tim yang merasa di”dzalimi” akibat keputusan wasit yang dirasa tidak adil dan menguntungkan pihak lawan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel