Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Gambarnya yang Harus Anda Kuasai

Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Gambarnya yang Harus Anda Kuasai

NugyDragon
- Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang menggunakan raket sebagai alat pemukul dimainkan oleh 2 orang (tunggal) atau 2 pasangan (ganda) yang saling berlawanan. Pada cabang olahraga ini Terdapat 5 nomor pertandingan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.


Macam-Macam Gerakan dan Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

1. Teknik Dasar Servis

Pemain bisa dengan mudah mendapatkan poin dengan cara melakukan servis yang baik dan mematikan sehingga menyulitkan bagi lawan untuk mengembalikan bola kok dengan sempurna. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kita dimana poin demi poin bisa dengan mudah kita dapatkan. Berikut ini adalah macam-macam teknik dasar servis pada permainan Bulutangkis:

a. Servis Forehand

Pada permainan Bulutangkis servis forehand terbagi menjadi service forehand pendek dan tinggi. Servis forehand pendek bertujuan untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. Sedangkan servis forehand tinggi lebih sering digunakan dalam permainan tunggal.

Tata cara melakukan servis forehand pendek bulutangkis/badminton:
  • Pukullah bola kock dengan ayunan raket yang relatif pendek
  • Di saat perkenaan antara daun raket dengan kok, siku dalam keadaan bengkok untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan.
  • Perhatikan peralihan titik berat badan kita. 
  • Lakukanlah teknik servis ini berulang kali dengan menggunakan kok untuk melatih tangan agar menghasilkan servis yang berkualitas.
Tata cara melakukan servis forehand tinggi dalam dalam permainan bulutangkis:
  • Pukulah bola kok sekuat tenaga agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
  • Disaat memukul bola kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. 
  • Lakukanlah gerakan ayunan raket ke belakang, ke depan dan setelah melakukan pukulan dengan sempurna diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus berlangsung kontinu dan harmonis. 
  • Berlatihlah secara rutin dan berulang-ulang agar menguasai teknik ini dengan baik dan berkualitas.

b. Servis Backhand

Servis backhand paling selalu di gunakan padan permainan ganda. Arah dan jatuhnya kock ditempatkan sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan dan kok sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net).

Tata cara melakukan teknik dasar servis backhand:
  • Letakan kaki kanan berada di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan.
  • Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki. 
  • Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan dengan irama gerak continue dan harmonis. 
  • Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan. 
  • Perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.

2. Teknik Dasar Drop Shot

Pukulan yang dilakukan seperti smash tetapi jatuhnya berada tipis di dekat net. Perbedaannya hanya pada posisi raket pada saat akan melakukan pukulan. Jika smash di lakukan dengan kekuatan penuh, maka Dropshot hanya di pukul dengan dorongan atau sentuhan yang halus. Dropshot yang baik dilakukan jika jatuhnya shuttlecock dekat dengan net dan tidak melebihi garis ganda.

Teknik Dasar Dropshot dalam Permainan Bulu Tangkis.jpg

Pukulan Dropshot memiliki karakterisktik yang unik. Jatuhnya shuttlecock mesti dekat dengan jaring di daerah lawan. Faktor posisi tubuh, pegangan raket, gerak kaki dan perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul menjadi faktor yang amat menentukan. Dropshot akan semakin mematikan jika dipadukan dengan gerak tipu

Tata cara melakukan teknik dasar Dropshot pada permainan Bulutangkis:
  • Posisi tangan menggunakan pegangan forehand.
  • Pegang raket dengan posisi menyamping badan (bahu). 
  • Genggam raket dengan rileks. 
  • Upayakan bergerak cepat untuk mendapatkan posisi badan berada di belakang shuttlecock.
  • Pukul raket dengan posisi tangan lurus, dorong/sentuh shuttlecock dengan halus. 
  • Arahkan shuttlecock dengan arah bola melengkung ke sebelah kanan jika akan memberikan dropshot ke arah forehand dan arahkan bola melengkung ke kiri jika akan melakukan backhand. 
  • Posisi akhir raket mengikuti arah bola. 
  • Posisi gerak langkah sebelum dan setelah memukul harus diperhatikan. 
  • Pukulan jenis ini mengandung aspek kehalusan dan gerak tipu.

3. Teknik Dasar Cara Memegang Raket

Jika ingin menjadi pemain bulu tangkis yang berprestasi maka harus menguasai teknik dasar permainan bulu tangkis. Berikut teknik-teknik dasar dalam bulu tangkis.

1. Cara Memegang Raket (Grips)

Cara memegang raket dalam bulu tangkis memberikan pengaruh terhadap laju bola yang dipukul, sehingga diperlukan cara yang tepat agar bola yang dipukul tepat sasaran. Berikut teknik dasar memegang raket dalam permainan bulu tangkis:

a. Pegangan Amerika. Yaitu pegangan dengan cara memegang raket di bagian ujung tangkai (handle) seperti memegang pukul kasur dan Ibu jari dan jari telunjuk menempel pada tangkai.


Kelebihan jenis pegangan American grip ini sangat efektif untuk melakukan pukulan smes bola di depan net, mudah untuk memukul bola-bola atas, hingga mudah mengarahkan bola, baik ke kanan maupun ke kiri.

Adapan untuk kelemahannya yaitu kurang efektif untuk melakukan pukulan backhand dan untuk bermain net yang bolanya berada di samping kanan dan kiri.

b. Pegangan Forehand. Yaitu pegangan yang dilakukan dengan cara raket dipegang dalam posisi miring. Lalu, Ibu jari dan jari telunjuk menempel pada tangkai raket yang sempit dan saat memegang raket tidak boleh diubah-ubah.



Kelebihan pegangan ini yaitu lebih mudah untuk melakukan pukulan bola di sebelah kanan dari tubuh sehingga bola akan mudah dipukul dengan pukulan forehand dan untuk melakukan pukulan forehand tidak perlu memutar pegangan raket.

Kelemahan teknik ini yaitu saat melakukan pukulan backhand memerlukan kekuatan pergelangan tangan dan kekuatan sendi bahu dan akan mengalami kesulitan dalam mengembalikan bola yang ada di depan net.

c. Pegangan Backhand. Pegangan ini dilakukan dengan cara raket dipegang dalam posisi miring, lalu pada saat memegang raket, ibu jari berada di bagian belakang tangkai raket, sedangkan jari-jari tangan diletakkan di bagian depan.

Kelebihan pegangan ini yaitu saat memukul shuttlecock dapat menghasilkan arah bola yang sulit diduga dan bola yang dipukul dapat berjalan cepat dan keras.

Kelemahan pegangan ini yaitu pemain akan mengalami kesulitan jika mengembali bola keras yang arahnya ke samping kanan badan dan pukulan bola keras dari lawan yang arahnya ke tubuh juga sulit untuk dikembalikan.

d. Pegangan Kombinasi. Yaitu pegangan yang dilakukan cara memegang raket dalam posisi miring.
Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

4. Teknik Dasar Pukulan Drive


Drive adalah bola yang jalannya mendatar cepat sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan bola. Pukulan drive biasanya diarahkan ke arah samping kanan atau samping kiri lawan dan pukulan ini lebih banyak digunakan pada permainan ganda.

Teknik Dasar Pukulan Drive dalam Bulu Tangkis

Pukulan drive juga dapat dilakukan dengan forehand ataupun backhand. Berikut teknik dasar pukulan drive dalam permainan bulu tangkis:

Pukulan drive forehand cara melakukan sebagai berikut:
  • Sikap awal berdiri kangkang menghadap ke arah samping kanan.
  • Pukulan bola datar dengan ayunan tangan dari belakang ke arah depan.

Pukulan drive backhand cara melakukan sebagai berikut:
  • Sikap awal berdiri kangkang selebar bahu pandangan mata ke arah samping kanan dengan tubuh sedikit miring ke kanan.
  • Bola yang datang ke arah kanan dari tubuh dipukul dengan ayunan raket dari belakang ke arah depan, diusahakan bola jalannya datar.

5. Teknik Dasar Pukulan LOB

Teknik dasar pukulan lob dalam bulu tangkis

Pukulan lob dapat dilakukan dari atas kepala ataupun dari bawah. Menurut caranya, pukulan lob dapat dilakukan dengan forehand dan backhand. Berikut teknik dasar pukulan LOB dalam bulu tangkis:

1). Pukulan lob forehand overhead cara melakukan sebagai berikut:
  • Sikap awal berdiri tangan yang memegang raket diletakkan di atas kepala bagian belakang.
  • Arah datangnya bola dari atas dipukul dengan ayunan tangan dari belakang atas dipukulkan ke arah bola.

2) Pukulan lob backhand overhead cara melakukan sebagai berikut:
  • Sikap awal berdiri kaki selebar bahu dengan tubuh sedikit miring.
  • Raket dipegang diletakkan di sebelah kiri dari tubuh di bagian atas kepala.
  • Bola dipukul dengan cara raket diayun ke depan atas sehingga bola melambung ke arah lapangan bagian belakang lawan.

3) Pukulan lob forehand underhand cara melakukan sebagai berikut:
  • Sikap awal berdiri kangkang selebar bahu dengan tangan kanan memegang raket.
  • Bola yang datang dari arah lawan setelah turun dipukul dengan ayunan raket dari bawah ke depan atas. Usahakan bola melambung ke arah garis belakang daerah lapangan lawan.

4) Pukulan lob backhand underhand cara melakukan sebagai berikut:
  • Sikap awal berdiri kangkang tangan kanan memegang raket.
  • Bola yang datang ke arah bagian kiri tubuh dipukul dengan ayunan raket dari bawah ke depan atas, bola diusahakan melambung ke arah lapangan lawan bagian belakang.

6. Teknik Dasar Smash

Pada permainan bulutangkis, teknik smash sangatlah penting untuk mendapatkan point dari lawan, Smash adalah pukulan overhead yang di arahkan ke daerah lawan secara menukik dan dilakukan dengan kekuatan penuh.


Teknik Dasar Smash dalam Bulu Tangkis

Jenis pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang, karena bertujuan untuk mematikan lawan. Jenis pukulan ini memiliki karakteristik keras serta laju shuttlecock berjalan cepat. Jenis pukulan ini membutuhkan kekuatan pada otot tungkai, bahu, lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan. Berikut tata cara saat melakukan teknik dasar Smash dalam permainan bulu tangkis:
  • Jangan gunakan tenaga yang banyak dulu, konsentrasikan dulu pemakaian tenaga pergelangan tangan.
  • Percepat gerakan memukul kok dengan memakai tenaga dari pergelangan tangan.
  •  
  • Pembangkitan tenaga saat melakukan smash harus cepat/seketika dan fokuskan perpindahan tenaga dari kepala raket ke kok. 
  • Jangan pergunakan tenaga yang banyak sebelum tekniknya benar.
Tata cara untuk melakukan gerakan smash yang kuat:
  • Kontak poin harus tinggi dan juga berada di depan badan si pemain.
  • Pada saat memukul kok, pergelangan tangan memukul dengan cepat kearah bawah dan ke arah dalam, kepala raket mengenai kok langsung pada posisi tegak lurus terhadap kok. 
  • Saat memukul kok, kita harus mempercepat pergelangan tangan dan pemakaian tenaga mesti fokus, jari-jari memegang grip dengan cukup ketat untuk menambah “ledakan” dan mempercepat laju kepala raket. 
Untuk mendapatkan hasil maksimal, teknik dasar dalam permainan bulu tangkis di atas dianjurkan untuk dilatih setiap saat. Sehingga dibutukan porsi latihan berkesinambungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel