Tugas dan Tanggung Jawab Wasit Sepak Bola Sesuai Aturan FIFA

NugyDragon - Dalam pertandingan sepak bola profesional, pertandingan tersebut dikuasai oleh empat pejabat pertandingan yaitu wasit, dua asisten wasit, dan wasit luar lapangan.

Wasit memiliki otoritas penuh dan dibantu oleh pejabat lainnya, ditugaskan untuk menegakkan 17 Undang-undang Pertandingan.

Sejarah Singkat Wasit Sepakbola

Selama masa awal asosiasi sepak bola, ada seorang "pria dan wanita berkulit hitam" yang selalu menjadi pengambil keputusan pada setiap pertandingan sepakbola, kemudian pada suatu hari "pria dan wanita berkulit hitam" ini absen.

Pada saat itu semua pertandingan sepabola mengalami perselisihan karena tidak orang yang menjadi penengah untuk mengambil keputusan. Karena perselisihan mulai meningkat selama tahun 1860-an dan 70-an, maka saat itulah wasit diperkenalkan.

Tapi baru pada tahun 1881 di tunjuk seseorang dari para pejabat yang obyektif dan berwibawa, dan dikenal sebagai wasit pertama kali muncul.

Wasit sepak bola sang pembuat keputusan



Seiring berdiri wasit yang tumbuh selama abad ke-20, tokoh berpengaruh mulai muncul. Wasit Inggris Stanley Rous misalnya, adalah salah satu wasit terkemuka tahun 1930an.

Dia menyusun kembali aturan penulisan ulang tahun 1938, yang pada dasarnya tidak berubah hari ini. Dia juga memperjuangkan penyediaan pelatihan wasit oleh FIFA untuk semua anggota barunya.

Tugas dan Tanggung Jawab Wasit Sepak Bola

Pertandingan sepak bola dikendalikan oleh wasit, yang memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan peraturan untuk pertandingan yang telah ditunjuknya. Tugas utamanya adalah:

1. Wasit sepak bola harus memberlakukan peraturan.

Tanggung jawab utama wasit adalah memberlakukan peraturan pada pertandingan yang telah ditentukan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Pertandingan. Dia memiliki kekuatan penuh untuk memberi sanksi kepada pemain karena berperilaku buruk selama pertandingan berlangsung.

2. Wasit sepak bola harus mengontrol pertandingan

Wasit harus mengontrol pertandingan bekerjasama dengan asisten wasit dan, untuk pertandingan resmi, pejabat keempat. Mengontrol pertandingan berarti menjaga permainan di bawah Hukum Pertandingan sepanjang waktu dan di semua biaya.

3. Wasit sepak bola harus memeriksa peralatannya

Dia harus memastikan bahwa peralatan bola dan pemain memenuhi persyaratan Undang-undang Pertandingan. Ini termasuk memeriksa jersi, celana pendek, sepatu dan perlengkapan pelindung pemain. Seorang pemain yang tidak mengenakan seragam sepak bola yang benar akan diminta untuk meninggalkan lapangan oleh wasit dan hanya bisa kembali saat wasit memastikan bahwa kitnya benar.

4. Wasit sepak bola harus mencatat waktu dan menyimpan catatan

Wasit harus bertindak sebagai pencatat waktu untuk pertandingan tersebut, dan mencatat penggantian dan pelanggaran apapun.

5. Wasit sepak bola menghentikan permainan bila diperlukan

Wasit harus menghentikan, menangguhkan, atau meninggalkan pertandingan atas pelanggaran Undang-undang Pertandingan, atau karena gangguan luar lainnya. Wasit harus menghentikan pertandingan jika pemain cedera serius, memastikan bahwa ia dikeluarkan dari lapangan permainan.

Keputusan Wasit dalam Pertandingan Sepak Bola

Keputusan akan dibuat sesuai kemampuan wasit terbaik sesuai dengan Hukum Pertandingan dan semangat permainan dan akan didasarkan pada pendapat wasit yang memiliki kebijaksanaan untuk mengambil tindakan yang sesuai dalam kerangka Undang-Undang Dari Pertandingan.

Keputusan wasit mengenai fakta-fakta yang terkait dengan permainan, termasuk apakah tujuan dicetak dan hasil pertandingan itu final atau tidak. Keputusan wasit, dan semua pejabat pertandingan lainnya, harus selalu dihormati.

Wasit mungkin hanya mengubah keputusan untuk menyadari bahwa itu tidak tepat atau atas saran dari pejabat pertandingan lain, asalkan permainan belum dimulai ulang atau wasit memberi tanda akhir babak pertama atau kedua (termasuk waktu tambahan) dan meninggalkan lapangan Permainan atau menghentikan pertandingan

Jika wasit tidak mampu, permainan bisa berlanjut di bawah pengawasan petugas pertandingan lainnya sampai bola berikutnya di luar permainan.

Tindakan Disiplin Seorang Wasit


Menghukum pelanggaran yang lebih serius, dalam hal sanksi, keparahan fisik dan dampak taktis, bila lebih dari satu pelanggaran terjadi pada saat bersamaan.

Mengambil tindakan disipliner terhadap pemain yang bersalah atas pelanggaran yang diwaspadai.

Memiliki wewenang untuk mengambil tindakan disipliner memasuki lapangan permainan untuk pemeriksaan pra-pertandingan hingga meninggalkan lapangan permainan setelah pertandingan berakhir (termasuk tendangan dari tanda penalti).

Jika, sebelum memasuki lapangan permainan di awal pertandingan, pemain melakukan pelanggaran, wasit memiliki wewenang untuk mencegah pemain tersebut mengambil bagian dalam pertandingan.


Memiliki kekuatan untuk menunjukkan kartu kuning atau merah, memberhentikan pemain, memasuki lapangan permainan di awal pertandingan sampai setelah pertandingan berakhir, termasuk selama interval setengah waktu, waktu tambahan Dan tendangan dari tanda penalti

Mengambil tindakan terhadap pejabat tim yang bertindak tidak bertanggung jawab, dan dapat mengusir mereka dari lapangan permainan dan sekitarnya.

Bertindak atas saran pejabat pertandingan lainnya mengenai insiden yang belum dilihat wasit

Peran Wasit Saat Pemain Cedera


Memungkinkan permainan terus sampai bola di luar permainan jika pemain hanya sedikit terluka


Menghentikan permainan jika pemain mengalami cedera serius dan memastikan pemain tersebut dikeluarkan dari lapangan permainan. 

Pemain yang cedera mungkin tidak diobati di lapangan permainan dan mungkin hanya masuk kembali setelah permainan dimulai kembali.

Jika bola sedang dimainkan, pemain tersebut bisa masuk kembali harus dari touchline tapi jika bola tidak dimainkan, itu mungkin dari garis batas manapun.

Pengecualian terhadap persyaratan untuk meninggalkan lapangan permainan hanya bila :

Seorang penjaga gawang terluka. Kiper dan pemain lapangan telah bertabrakan dan butuh perawatan medis. Pemain dari tim yang sama telah bertabrakan dan butuh perawata. Luka parah telah terjadi. Seorang pemain yang terluka akibat dari pelanggaran fisik oleh lawannya (misalnya tantangan nakal atau serius).

Memastikan bahwa setiap pemain berdarah meninggalkan lapangan permainan. Pemain mungkin hanya masuk kembali saat menerima sinyal dari wasit.

Jika wasit telah memberi wewenang kepada dokter dan / atau pembawa tandu untuk memasuki lapangan permainan, pemain harus pergi dengan tandu atau dengan berjalan kaki. Seorang pemain yang tidak mematuhi, harus diperingatkan untuk perilaku sportif.

Jika wasit telah memutuskan untuk berhati-hati atau mengirim pemain yang cedera dan harus meninggalkan lapangan permainan untuk perawatan, kartu tersebut harus ditunjukkan sebelum pemain tersebut pergi.

Jika permainan belum dihentikan karena alasan lain, atau jika cedera yang diderita oleh pemain bukan akibat pelanggaran


Peran Wasit Saat Terjadi Gangguan dari Luar Lapangan. 

Berhenti, menunda atau meninggalkan pertandingan untuk pelanggaran atau karena gangguan dari luar. Seperti:

  1. Lampu sorot tidak memadai.
  2. Sebuah benda yang dilemparkan oleh seorang penonton mencapai pejabat pertandingan, pemain atau pejabat tim, wasit mengizinkan pertandingan berlanjut, atau berhenti, menunda atau melepaskannya tergantung pada beratnya insiden tersebut.
  3. Sebuah sorotan peluit penonton yang mengganggu pertandingan dihentikan dan diulang dengan bola yang terjatuh
  4. Bola ekstra, benda lain atau hewan memasuki lapangan permainan selama pertandingan.

Peralatan yang Diperlukan Wasit


Peralatan yang diperlukan wasit ada dua yaitu peralatan utama dan peralatan tambahan. Peralatan utama yang melekat pada wasit seperti peluit, jam/pengukur waktu, bendera, kartu merah dan kuning, dan Notebook (atau cara lain untuk menyimpan catatan pertandingan. Lalu untuk peralatan tambahan seperti peralatan untuk berkomunikasi dengan petugas pertandingan lainnya - bel / bleep flags, headset dll, EPTS atau peralatan pemantauan kebugaran dan lainnya. Wasit dan petugas pertandingan lainnya dilarang memakai perhiasan atau peralatan elektronik

Kewajiban Pejabat Pertandingan


Seorang wasit atau pejabat pertandingan lainnya tidak bertanggung jawab atas dengan hal-hal di luar wewenang mereka yang bukan merupakan bagian dari tugas mereka seperti:

  1. Segala jenis cedera diderita oleh pemain, pejabat atau penonton
  2. Kerusakan apapun pada barang apapun
  3. Kerugian lainnya yang diderita oleh individu, klub, perusahaan, asosiasi atau badan lain, yang harus atau karena keputusan apa pun yang diambil berdasarkan ketentuan Undang-undang Pertandingan atau sehubungan dengan prosedur normal yang diminta untuk dipegang, diputar Dan kontrol pertandingan.

Keputusan seperti itu mungkin termasuk keputusan:

  1. Bahwa kondisi medan permainan, sekitarnya atau bahwa kondisi cuaca seperti membiarkan atau tidak membiarkan pertandingan berlangsung.
  2. Untuk meninggalkan pertandingan karena alasan apapun
  3. Tentang kesesuaian peralatan dan bola lapangan yang digunakan saat pertandingan berlangsung
  4. Untuk menghentikan atau tidak menghentikan pertandingan karena gangguan penonton atau masalah di area penonton
  5. Untuk berhenti atau tidak berhenti permainan untuk membiarkan pemain yang cedera dikeluarkan dari lapangan permainan untuk perawatan
  6. Untuk meminta pemain yang cedera dikeluarkan dari lapangan permainan untuk perawatan
  7. Untuk mengizinkan atau tidak membiarkan pemain memakai pakaian atau peralatan tertentu
  8. Dimana wasit memiliki wewenang, mengizinkan atau tidak mengizinkan orang (termasuk pejabat tim atau stadion, petugas keamanan, fotografer atau perwakilan media lainnya) untuk hadir di sekitar lapangan permainan
  9. Keputusan lain yang diambil sesuai dengan Hukum Pertandingan atau sesuai dengan tugas mereka berdasarkan ketentuan FIFA, konfederasi, asosiasi sepak bola nasional atau peraturan persaingan atau peraturan dimana pertandingan dimainkan.

Baca Juga :

  1. 6 Teknik Dasar Lengkap Pada Permainan Sepak Bola
  2. Aturan Sepakbola Yang Wajib diketahui Pemain
  3. Mengasah Keterampilan Menembak Bola Untuk Menjadi Pemain Profesional
  4. Beberapa Alasan Kenapa Sepak Bola Sangat Populer di Kalangan Laki-laki

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel