Cara Mengasah Keterampilan Menembak Bola Untuk Menjadi Pemain Profesional Terkenal

NugyDragon - Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di masyarakat, baik dari anak-anak yang masih di usia dini, remaja, dewasa, dan bahkan kepada orang-orang yang sudah lanjut usia.

Kepopuleran olahraga ini di tkitai oleh banyaknya orang yang mengidolakan klub-klub bola, atau bahkan mengidolakan pemain bintangnya seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan lain-lain.

Baiklah yang akan kita bahas sekarang pada artikel ini yaitu bagaimana cara mengasah keterampilan menembak seorang pemain sepakbola agar bisa memasukkan bola ke dalam gawang lawan, pertanyaannya sekarang!

Cara Kita Mempertajam Keterampilan Menembak

Semua keterampilan dribbling di dunia tidak akan berarti jika Kita tidak berhasil mencetak gol. Itu menandakan kalau teknik menembak Kita gagal. Namun perlu kita ketahui bahwa segala sesuatu dari postur tubuh Kita, dari ujung kepala sampai ke sudut kaki  mampu mempengaruhi keterampilan menembak kita.

Bagian kaki yang Kita pakai untuk menembak bola bisa mempengaruhi kemampuan Kita untuk mencetak gol dengan berbagai cara. Mari belajar bagaimana menembak dengan benar sehingga Kita bisa mencetak gol dalam pertandingan besar.

Dasar-dasar Tembakan yang Sebaiknya Anda Ketahui
  1. Sebisa mungkin kita mengontrol bola dengan baik dan benar sebelum melepaskan tembakan.
  2. Jaga lutut dan kepala agar selalu berada di atas bola untuk menjaga dari serangan lawan. 
  3. Fokuskan kekuatan penuh kita pada kaki yang akan melakukan tembakan 
  4. Tendang pada posisi pusat bola
  5. Jaga jari-jari kaki Kita ke bawah dan pergelangan kaki Kita terkunci. 
  6. Perhatikan tujuan tendangan kita. 
  7. Jauhkan pinggul Kita sesuai dengan target Kita atau di mana Kita ingin menembak bola. 
  8. Lihatlah sebelum Kita mendapatkan bola, ketahuilah tujuan dan posisi kiper. 
  9. Jaga kepala ke bawah dan di atas bola saat Kita melepaskan tembakan. 
  10. Pikirkan tentang memaksa kiper untuk membuat save dan jangan ledakan bola sekeras yang Kita bisa. 
  11. Tekuk lutut Kita dan memiliki pusat gravitasi yang kuat kemudian keseimbangan yang baik. 
  12. Sesuaikan bola dengan menggerakkan kaki Kita sehingga mereka berada di bawah Kita.
Memperhitungkan Kesempatan dalam Menembak Bola


Kita tidak hanya harus memfokuskan tubuh dan konsentrasi pada bola sepak, tetapi Kita juga harus tetap memperhatikan lapangan. Belajarlah untuk melihat di mana Kita bisa menembak. Terkadang kesempatan ini datang dan pergi dalam sepersekian detik.

Secara khusus, cari situasi di mana Kita bisa menekuk bola di sekitar bek dan masuk ke daerah pojok jaring. Dengan cara ini Kita bisa menggunakan bek sebagai perisai, sehingga kiper tidak melihat bola dengan baik dan ke mana arahnya.

Kita tidak perlu mengalahkan bek untuk mendapatkan kesempatan menembak yang bagus. Gunakan bek untuk keuntungan Kita untuk menghalangi penglihatan penjaga dan ambil tembakan cepat. Akan ada banyak waktu ketika tembakan Kita akan berakhir dibelokkan oleh tim lawan dan menerobos kerumunan dan masuk ke gawang. Atau, rekan setimnya bisa mendapat sentuhan pada tembakan dan melepaskan kiper, sehingga bola benar-benar memantul ke arah lain.

Secara umum, Kita ingin tim lawan khawatir tentang apakah Kita akan melakukan tembakan atau tidak. Jika ada peluang kecil atau bahkan setengah kesempatan, ambillah dengan percaya diri, bahkan jika itu tembakan jarak jauh atau tembakan ke kerumunan.

Ketika pertahanan berpikir Kita akan menembak, mereka akan bergegas ke arah Kita, memungkinkan Kita untuk melakukan umpan balik ke teman yang kosong. Kita juga bisa memasangnya untuk tembakan palsu. Jika mereka begitu terbiasa dengan Kita, kesan sederhana bahwa Kita akan menembak atau bahkan hanya potongan bola yang halus akan membuat mereka tidak aktif.

Tips Memasukkan Bola ke Gawang


Semua orang yang bermain sepakbola pasti ingin memasukkan bola ke dalam gawang lawan, karena itulah satu-satunya cara untuk mendapat kemenangan pada permainan tersebut. Oleh karena itu, Ini adalah peluang mudah dimana Kita hanya mengarahkan sebuah serangan atau melewati sasaran dengan bagian dalam kaki Kita.

Seperti dengan bermain passing sederhana, Kita tidak perlu menendang bola dengan banyak tenaga.  Jaga agar pergelangan kaki Kita terkunci dan hampir mengarahkan kembali bola ke ruang terbuka, arah rendah ke tanah, ke kanan atau kiri kiper.

Kita tidak perlu menendang bola dengan kekuatan sepanjang waktu, hanya membuatnya menjadi tembakan yang tajam dan ke arah yang benar. Namun, selalu ada pengecualian terhadap peraturan tersebut. Jika Kita bisa melakukannya dan mencetak gol, maka cobalah cara baru untuk menembak atau memasukkan bola ke gawang.

Sebagai pemain muda, jangan takut mengambil risiko, meski harus berlatih sejak awal, maka berusahalah semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik.

Seorang pemula pasti sudah tahu tentang bagaimana cara menembak walaupun belum sebagus oleh para pemain senior, maka dari itu latihan yang teratur akan merubah keterampilan menembak bola kalian. Namun, saat memulai latihan rutin yang tepat maka kita harus tahu tentang bagaimana kita menyerang dan bagaimana kita melakukan tendangan dengan baik.

Pada saat kita melakukan serangan ke daerah lawan kemudian melakukan tendangan ke gawang, usahakan menendang tepat pada pusat bola dengan arah dan kekuatan yang sudah kita perhitungkan, sehingga memungkinkan agar penjaga gawang tidak berhasil menyelamatkan bola tersebut.

Ada waktu di mana saat kita menendang bola ke arah gawang, kita harus fokus kepada bola yang akan kita tendang. Dan secepat mungkin mengambil keputusan untuk menendangnya kearah mana, dan dengan kekuatan yang seperti apa.

Menembak bola ke arah gawang memang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang dan mencetak gol, akan tetapi tidak semua bola yang kita tendang itu harus sekeras yang kita bisa.

Jika Kita ingin menendang bola dengan kekuatan maka jangan mencoba menendang bola sekeras yang Kita bisa. Biasanya saat Kita mencoba melakukan ini, Kita akhirnya malah menendang bola melewati gawang.

Biasanya semua pemain terlalu bersemangat untuk mencetak gol, sehingga apabila mendapatkan bola maka langsung di tendang sekeras mungkin ke arah gawang, walaupun tujuan sudah bagus akan tetapi harus juga memiliki perhitungan yang baik untuk menghasilkan hasil yang baik pula.

Pencetak gol terbaik akan tetap tenang di dalam kotak pinalti dan selalu siap untuk menembak saat mereka berada di dekat gawang namun mereka tidak terlalu menggebu-gebu untuk menendang bola. Pikirkan tentang menendang bola dengan kekuatan tapi bisa lewat dari penjagaan gawang.

Jangan terburu-buru dalam Menembak Bola


Berapa kali Kita melihat pemain masuk ke kotak gawang dan tiba-tiba terlalu bersemangat dan terburu-buru melakukan tembakan?

Hal itu sering terjadi, saat Kita berada di dalam kotak pinalti dan di dekat sasaran, Kita harus melepaskan tembakan dengan cepat dan dengan pikiran yang tenang sehingga dapat menciptakan gol untuk tim.

Jika kita berpikir dengan baik, semua pemain bertahan lawan akan dengan cepat menghentikan kita apabila telah memasuki kotak pinalti, dan mereka pasti akan merasa panik apabila akan melakukan tembakan, maka di situlah kita mempunyai keuntungan apabila berpikir dengan tenang.

Sering kali mereka melakukan komit dan bahkan meluncur dan mencoba untuk memblokir tembakan Kita. Dapatkah Kita memotong bola kembali atau melewati bek yang terburu-buru yang menyelam? Bisakah Kita memalsukan tembakan dan mengalahkan bek untuk tembakan yang lebih mudah? Itu adalah pertanyaan yang harus kita jawab sebelum bermain pada pertandingan profesional.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel