Ketentuan Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Standar Terbaru FIFA

Ketentuan Ukuran Lapangan Sepak Bola sesuai Standar FIFA

NugyDragon - Sepak bola menjadi salah satu jenis olah raga yang sangat populer di dunia. Hampir semua kalangan menyukai jenis olah raga yang dimainkan oleh dua tim ini. Dalam pelaksanaannya, sepak bola membutuhkan kerjasama yang solid antar anggota tim dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain termasuk satu orang pemain yang bertindak sebagai kiper atau penjaga gawang.

Meskipun dalam perkembangannya semua orang bisa bermain sepak bola dengan ukuran lapangan yang tidak terstandar sekalipun, terutama di pertandingan antar kampung atau pertandingan tidak resmi lainnya. Namun secara internasional, Federation of International Football Association (FIFA) telah menetapkan standar lapangan sepak bola beserta gambar dan ukurannya untuk pertandingan resmi sesuai peraturan FIFA.

Kriterita Lapangan untuk Pertandingan Sepak Bola menurut FIFA

Lapangan yang digunakan untuk pertandingan sepak bola sering dikenal dengan istilah lapangan hijau atau football filed, dimana permukaan tanah pada lapangan tersebut biasanya berupa hamparan rumput alami ataupun sintetis. Selain itu, permukaan lapangan bola harus rata dan tidak boleh bergelombang.


Sementara untuk permukaan dengan rumput sintetis, warna yang digunakan harus hijau. Adapun mengenai bentuk dan ketentuan lapangan pertandingan sepak bola lainnya telah tercantum dalam Laws of the Game (LOTG) tentang “The Filed of Play”.

Selain bentuk lapangan yang terstandar, FIFA juga menentapkan beberapa standar resmi lainnya terkait ukuran lapangan secara keseluruhan, tinggi gawang, garis gawang, garis tengah, kotak penalty dan standar lainnya dalam pertandingan resmi sepak bola.

Secara umum, untuk pelaksanaan pertandingan resmi sepak bola di tingkat nasional maupun internasional lapangan sepakbola berbentuk persegi panjang dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Panjang lapangan atau Garis Lapangan (Touch Line) dengan kisaran minimum 90 meter dan maksimum 110 meter.
  2. Lebar lapangan atau Garis Gawang (Goal Line) dengan kisaran minimum 64 meter dan maksimum 75 meter.
Dengan ketentuan tersebut, biasanya ukuran luas lapangan yang lazim digunakan untuk pertandingan sepak bola adalah 105 meter x 68 meter. Seperti pada beberapa stadion ternama, mulai dari Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, Stadion Old Trafford di Inggris, hingga Stadion Arsenal (Emirates Stadium) di London Utara, Inggris.

Standar Lapangan Sepak Bola beserta Gambar dan Ukurannya sesuai Ketentuan FIFA

Pada pertandingan resmi sepak bola internasional, panjang lapangan harus memiliki ukuran antara 100-110 meter, sementara untuk lebarnya memiliki ukuran antara 64-75 meter.

Adapun untuk ketentuan garis harus memiliki luas yang sama dengan batas tidak melebihi 12 cm atau 5 inchi. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing garis pada standar lapangan sepak bola beserta ukurannya sesuai standar FIFA:


Garis Samping atau The Touchline merupakan sebuah garis panjang yang berada di sisi lapangan atau sering juga disebut dengan garis samping. Garis ini menunjukkan panjang lapangan bola dengan panjang antara 100-110 meter. Jika bola keluar melewati garis ini maka permainan sepak bola akan dihentikan dan dimulai lagi dengan melakukan lemparan ke dalam menggunakan tangan.

Garis Gawang atau The Goal Line, yaitu sebuah garis yang menunjukkan lebar lapangan dengan letak sejajar gawang. Lazimnya, garis ini memiliki panjang antara 64-75 meter sesuai standar FIFA. Jika pada permainan bola keluar melewati garis ini oleh pihak lawan, maka permainan akan dihentikan dan dimulai kembali dengan melakukan tendangan gawang. Namun jika bola keluar oleh pemain sendiri maka permainan akan dihentikan dan dimulai kembali dengan tendangan sudut yang dilakukan oleh tim lawan.

Garis Tengah atau Halfway Line menjadi salah satu standar lapangan sepak bola yang harus ada, yaitu sebuah garis yang terletak persis di tengah lapangan sehingga membagi lapangan sama panjang

Lingkaran tengah atau Center Circle, yaitu sebuah garis berupa lingkaran pada bagian tengah lapangan dengan diameter 9,15 meter. Area ini menjadi salah satu standar lapangan sepak bola yang sangat penting karena biasanya digunakan untuk melakukan kick off sebagai tanda dimulainya pertandingan sepak bola, baik di babak pertama maupun kedua. Adapun pada bagian tengah lingkaran disebut sebagai Titik Tengah atau Center Spot, yaitu sebuah titik di tengah lapangan yang menjadi pusat dan merupakan tempat diletakkannya bola untuk kick off.

Kotak Penalty atau Penalty Box, yaitu sebuah area berentuk garis di depan gawang dengan panjang 40,32 meter dan lebar 16,5 meter, yang dihitung dari garis gawang atau goal line.

Standar lapangan sepak bola selanjutnya adalah Kotak Area Gawang atau Goal Box, yaitu area di depan gawang dengan ukuran lebih kecil dari kotak penalty dengan panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter yang dihitung dari garis gawang. Adapun gawang pada permainan sepak bola memiliki ukuran panjang 7,32 meter dan lebar 2,44 meter. Di area ini seorang kiper atau penjaga gawang memiliki kekuasaan menggunakan tangan ketika mengambil bola.

Titik Pinalty atau Penalty Spot, yaitu sebuah titik yang berada pada bagian tengah di depan gawang dengan jarak 11 meter dihitung dari Garis Gawang,

Penalty Arc, yaitu area setengah lingkaran yang berada di sebelah belakang titik penalty. Area ini berfungsi untuk mengatur jarak antara bola dengan pemain ketika melakukan tendangan penalty.

Corner Arc, yaitu sebuah garus lengkung seperempat lingkaran yang berada di empat sudut lapangan. Area ini biasanya digunakan untuk meletakkan bola ketika akan melakukan tendangan penjuru atau corner dengan jarak 1 meter.

Technical Area, yaitu sebuah area di samping lapangan yang berfungsi sebagai tempat bagi para pelatih atau official team lainnya untuk memberikan pengarahan dalam pertandingan sepak bola. Biasanya berbentuk kotak persegi panjang dengan posisi di depan bangku para pemain cadangan.

Corner Flag Spot, yaitu sebuah area di keempat sudut lapangan sepak bola yang digunakan untuk meletakkan bendera dengan ketentuan tiang bendera tidak kurang dari 1,5 meter. Dalam permaianan sepak bola, bendera di keempat sudut lapangan digunakan untuk membedakan garis pinggir (melakukan lemparan ke dalam) dengan garis gawang (melakukan tendangan corner). Dan apabila bola menyentuh bendera kemudian memantul kembali ke dalam lapangan sepak bola, maka bola masih dianggap hidup atau play on. Meskipun terlihat sepele, namun ternyata keberadaan bendera di sudut lapangan bisa menjadi salah satu standar lapangan sepak bola yang cukup penting.

Baca Juga :
  1. Tugas dan Wewenang Wasit Pada Permainan Sepak Bola 
  2. Mengasah Keterampilan Menembak Bola Untuk Menjadi Pemain Profesional

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel