Cara Cepat Menjadi Pemain Futsal Hebat

CABANG OLAHRAGA FUTSAL

Nugy_Dragon. Pada dasarnya, olahraga futsal tidak berbeda jauh dengan sepakbola. Bahkan bisa di bilang Futsal adalah versi mini dari sepakbola itu sendiri, bila sepakbola dilakukan diluar ruangan, maka futsal dilakukan didalam ruangan.

Berbagai hal dalam permainan futsal sama persis dengan sepakbola, hanya saja ada beberapa aspek permainan yang disesuaikan. Peraturan permainan futsal telah disepakati dalam asosiasi sepakbola internasional. Dengan kata lain, peraturan futsal mengikuti peraturan yang telah disepakati dalam FIFA. Adapun hal-hal yang diubah sesuai kondisi meliputi ukuran lapangan, ukuran berat dan bahan bola yang dipakai, dan tinggi mistar gawang, periode permainan, dan jumlah pemain cadangan. 

Cara Cepat Menjadi Pemain Futsal Hebat

A. SEJARAH FUTSAL

Permainan futsal dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay tahun 1930, bersamaan dengan Piala Dunia Uruguay. Permainan baru tersebut diberi nama Futebol de salao (bahasa Portugis) atau Futbol Sala (bahasa spanyol) dengan makna yang sama, yaitu sepakbola ruangan. Dari kedua bahasa tersebut muncullah istilah baru, yaitu Futsal.

Pertandingan futsal internasional untuk kali pertama diselenggarakan dalam piala amerika selatan I, tahun 1965. Dalam pertandingan tersebut berlangsung berturut-turut sampai tahun 1979, dan semua pialanya disapu bersih oleh brasil.

Kemudian, brasil meneruskan dominasi juaranya dalam Pan Amerika I, tahun 1980 dan 1984. Tahun 2001, olahraga futsal mulai masuk ke Indonesia, olahraga ini mendapat sambutan, terutama mereka pecinta sepakbola. Kompetisi resmi tingkat Nasional di Indonesia, mulai diadakan tahun 2008 oleh Badan Futsal Nasional (BFN).

B. DASAR PERMAINAN FUTSAL

1. Jumlah Pemain

Futsal dimainkan oleh dua tim. Jumlah pemain setiap tim maksimal lima orang, dengan salah satunya adalah penjaga gawang. Jumlah pemain cadangan maksimal sebanyak 7 orang.

2. Perlengkapan Pemain

Perlengkapan pemain futsal sama dengan perlengkapan yang dipakai pemain sepakbola, yaitu meliputi :
  • Seragam atau pakaian
  • Celana pendek 
  • Kaos kaki 
  • Pengaman kaki 
  • Sepatu

3. Lapangan Permainan

Lapangan futsal berbentuk persegi panjang. Permukaan lapangan harus rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau bahan dari kayu.
Cara Cepat Menjadi Pemain Futsal Hebat
Berikut ukuran lenkap lapangan futsal.
  • Panjang lapangan 25-42 meter, lebar lapangan 15-25 meter.
  • Lapangan di tandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang di sebut garis pembatas lapangan, dan dua garis yang lebih pendek di sebut garis gawang. 
  • Lebar seluruh garis adalah 8 Cm. 
  • Lapangan dibagi menjadi dua pada bagian tengah lapangan. Titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan jari-jari 3 meter. 
  • Daerah pinalty, busur berukuran 6 meter dari masing-masing tiang gawang. 
  • Titik pinalty berada 6 meter dari garis gawang 
  • Titik pinalty kedua berada 10 meter garis gawang 
  • Busur sudut lapangan memiliki jari-jari 25 cm 
  • Ukuran gawang : tinggi 2 m x lebar 3 m

4. Bola yang dipakai

Bola futsal berbentuk bulat sempurna, bahan yang dipakai adalah dari bahan kulit atau bahan lain yang layak untuk digunakan. Keliling bola futsal 62-64 cm, berat bola 400-440 gram, dan tekanan 0,4-0,6 atm. Lambungan bola 55-65 cm pada pantulan pertama.

5. Aturan Pertandingan

Aturan permainan futsal mengikuti olahraga sepakbola. Hal ini pun telah disepakati oleh asosiasi sepakbola internasional FIFA. Hanya saja, tidak semua aturan sepakbola di berlakukan dalam futsal, ada juga aturan yang diubah.

Adapun beberapa peraturan yang diubah tersebut salah satunya terkait waktu permainan futsal. Pertandingan futsal berakhir dalam dua babak. Durasi setiap babak adalah 20 menit. Durasi dari salah satu babak dapat diperpanjang untuk menetukan pemenang jika terjadi seri. Tim di perbolehkan meminta time out selama 1 menit dalam sebuah babak pertandingan.

Kondisi-kondisi untuk mendapatkan time-out sebagai berikut :
  • Pelatih meminta untuk time-out selama 1 menit
  • Time-out akan diberikan kepada time yang sedang menguasai bola 
  • Penjaga waktu akan mengijinkan untuk time-out ketika bola keluardari permainan dengan menggunakan sebuah peluit atau tanda lain yang berbeda dengan tanda wasit pertama 
  • Saat time-out pemain berada dilapangan. Jika menerima intruksi dari official maka dilakukan pada garis pembatas sejajar lapangan. Hal tersebut dikarenakan official tidak boleh memasuki batas lapangan 
  • Tim yang tidak meminta time-out pada babak pertama maka timnya akan tetap mendapatkan satu kali time-out selama babak kedua.

6. Wasit Pertandingan

Wasit dalam pertandingan futsal terdiri atas dua orang dan satu penjaga waktu. Wasit memilikikewenangan penuh untuk menegakkan peraturan permainan, sejak ia memasuki sampai meninggalkan lapangan permainan. Berbeda dengan sepakbola, wasit futsal tidak boleh memasuki arena lapangan, hanya boleh diluar garis lapangan saja, terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang memang menuntut wasit untuk memasuki lapangan.

C. INDUK ORGANISASI FUTSAL


Olahraga futsal di naungi oleh organisasi yang juga mwnaungi sepakbola, baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Artinya, futsal internasional berada dibawah naungan Federation International de Football Association (FIFA). Sedangkan secara Nasional, futsal berada dibawah naungan PSSI.

Demikan paparan kami tentang artikel cabang olahraga Futsal semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, terimakasih telah mengunjungi blog kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel