Melihat Kembali Awal Mula Permainan Sepak Bola, Ternyata dikenal Sebagai Permainan Perang

Nugy Dragon - Pada artikel kali inikami akan membahas tentang kenapa awal mula permainan sepak bola itu dikatakan sebagai permainan perang, apakah pernyataan itu memang benar adanya ataukah hanya sebuah wacana.

Percaya atau tidak, ternyata permainan sepak bola modern seperti saat ini, itu dulunya berawal dari berbagai latihan perang oleh tentara-tentara pada saat itu.


Tidak ada satu pun dokumentasi yang layak dan dapat menyatakan tanggal, tempat, asal usul olahraga modern yang terpopuler didunia ini.

Namun tergantung pada fakta-fakta sosio historis dan data yang di dapatakan, kemudian kita dapat mengasumsikan bahwa beberapa jenis permainan bola dimainkan di suatu tempat di planet ini setidaknya selama 3000 tahun sebelumnya.

 Melihat Kembali Awal Mula Permainan Sepak Bola, Ternyata dikenal Sebagai Permainan Perang


Bukti awal sepak bola ditemukan di Kyoto, Jepang, di mana bidang yang ditandai untuk memainkan permainan menendang bola ditemukan.

Ada juga dokumentasi yang mendukung fakta bahwa pasukan militer Cina sekitar 2 sampai 3 abad SM (Dinasti Han) bermain permainan yang melibatkan tendangan bola ke jaring kecil. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan latihan untuk Angkatan bersenjata.

Bukti sejarah juga menunjukkan bahwa beberapa bentuk sepak bola dimainkan oleh orang Yunani dan orang Roma, namun, bentuk primitif ini melibatkan sebuah tim besar di setiap sisinya. 

Pada setiap permainan, tim yang bermain itu menurunkan sekitar 27 orang pada setiap sisi-sisinya. Orang Yunani memiliki empat bentuk permainan sepak bola yang berbeda, yaitu "Episkyros", "Ourania", "Pheninda" dan "Keritizein". 

Episkyros adalah bentuk yang paling dekat untuk sepak bola. Untuk pemain Dalam tim sama akan mencoba untuk melempar bola ke atas kepala tim lain. 

Terdapat garis putih antara tim dan garis putih yang lain di belakang masing-masing tim. Tim akan mengubah lemparan bola sampai salah satu tim dapat meletakkan bola di belakang garis dari tim lain.

Sekarang, berapa banyak dari Anda akan percaya bahwa sepak bola hari modern saat ini sebenarnya berasal sebagai permainan perang?

Dipercaya, tetapi benar! Sepak bola pertama (seperti sepak bola disebut di Inggris) Permainan ini dimainkan oleh penduduk setempat dari Inggris, di mana mereka memulai permainan, pada daerah timur, mereka bermain sepak bola dengan mempertaruhkan kepala mereka kepada seorang pangeran Denmark apabila kalah dalam permainan. Hal inilah yang memulai kalau sepak bola sebagai permainan perang.


setelah berkembangnya permainan sepak bola dalam waktu yang lama, maka dengan pertama kali aturan sepak bola adalah dengan memindahkan bola ke tempat yang telah di tetapkan. Ratusan orang yang mengambil bagian dalam permainan ini akan bermain sepanjang hari, kemudian gerakan-gerakan yang merusak seperti Meninju, menendang, menggigit, semuanya diperbolehkan.


Sifat buas bentuk sepak bola adalah hal yang tidak pernah dihargai oleh para penguasa dan tidak pernah sekalipun para pemain diberi upah untuk hasil jeri payah nya.

RajaEdward III dari Inggris, mengeluarkan undang-undang pada tahun 1331 untuk menghentikan permainan ini, dan aturan itu diikuti oleh King James I dari Scotlandia tahun 1424.

Pada saat itu Ratu Elizabeth I dari Inggris, mengeluarkan undang-undang kalau semua pemain sepak bola di masukkan ke penjara selama satu minggu kemudian di ikuti oleh penancing pada sebuah gereja.

Namun, meskipun semua upaya terbaik dan niat mereka tidak bisa berhenti bermain. Tetapi Itu terlalu populer di kalangan masyarakat dan mereka mencintai permainan tersebut.

Cara pertama untuk memperbaharui permainan tersebut dan merubahnya menjadi permainan yang beradab, yang dilakukan oleh Eton College of England pada tahun 1815 ketika mereka mendirikan satu set aturan untuk permainan, dan Aturan-aturan ini diterima oleh sekolah lain, perguruan tinggi dan Universitas.

Kemudian, pada tahun 1848, aturan-aturan ini di update ke versi terbaru yang di adopsi oleh semua sekolah colloge dan universitas. Aturan baru ini dikenal sebagai aturan Cambridge.

Pada tahap ini, ada benar-benar dua perangkat aturan yang sedang diikuti dalam permainan ini. Beberapa organisasi memilih untuk mengikuti aturan sekolah Rugby yang memungkinkan dalam menendang dan membawa bola, sedangkan aturan Cambridge dilarang untuk semua metode ini.

Pada Oktober 1863, The Football Association terbentuk, ketika belasan sekolah dan klub di London datang bersama untuk menetapkan satu set aturan untuk mengelola setiap pertandingan sepak bola yang akan dimainkan di antara mereka. Pada 8 Desember 1863, sepak bola dan Rugby Football akhirnya dibagi ke dua organisasi yang berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel