Dasar-dasar Permainan Bola Voli

BOLA VOLI

Nugy_Dragon. Bola voli adalah olahraga yang di mainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Masing-masing tim memiliki enam orang pemain, olahraga ini dimainkan dengan memantulkan bola dari tangan ke tangan, selanjutnya bola tersebut di jatuhkan ke daerah lawan dan mendapatkan satu point, tim lawan yang tidak bisa mengembalikan bola diaggap kalah dalam permainan. 
Permainan Bola Voli

A. SEJARAH BOLA VOLI

Permainan bola voli di ciptakan oleh William G. Morgan pada 9 Februari 1895. William adalah seorang instruktur perdidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang di YMCA, Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). YMCA (Young Men’s Christian Associassion) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda.

Pada awalnya, bola voli disebut dengan mintonette. William menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olehraga basket oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball).

William mengaku pada mulanya permainan bola voli yang iya ciptakan dikhususkan untuk anggota YMCA yang sudah tidak usia muda lagi, sehingga permainan inipun dibuat tidak seaktif permainan bola basket. Perubahan nama Mintonette menjadi vollyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, tepatnya pada saat demonstrasi pertandingan pertamanya diinternasional YMCA Training School.

B. DASAR PERMAINAN

1. Jumlah Pemain

Setiap tim bola voli terdiri dari 10 pemain, meliputi 6 pemain inti yang bermain dilapangan dan 4 pemain cadangan. Keenam pemain inti ini memiliki peran masing-masing dalam permainan. Di antaranya ada yang berperan sebagao server, spiker, tosser, blocker, dan libero.

Tosser adalah pemain yang bertugas mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Seorang tosser mudah dikenali karena pada umumnya memakai baju kaos dengan warna yang berbeda dari pemain lain. Spiker bertugas melakukan serangan dengan smes atau memukul bola dengan keras agar bola jatuh di daerah lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bertugas mengamankan bola hasil serangan lawan, dan Blocker adalah pemain bertahan yang bertugas memblok smes atau serangan dari pihak lawan.

Permainan bola voli menuntut kempauan otak prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Toser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapatkan, dan semuanya itu di lakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan. Dalam permainan ini, setiap tim mengusahakan untuk mencapai angka 25 terlebih dahulu untuk memenangkan suatu babak.


2. Lapangan Permainan

Ukuran lapangan bola voli berbentuk persegi panjang. Dibelah oleh garis tengah menjadi dua bagian yang berukuran sama. Panjang lapangan 18 meter, sedangkan lebarnya 9 meter.

Dalam setiap bagian lapanganterdapat garis serang, tempat spiker melakukan sems dan juga blocker melakukan blok. Garis serang memilik ukuran 3 meter. Dibelakang lapangan terdapat area servis untuk memulai permainan voli.

Sejajar dengan garis tengah yang membelah lapangan, direntangkan net yang membatasi area permainan. Untuk net lapangan bola voli terdapat dua macam ketinggian, yakni untuk putra setinggi 2,43 meter dan putri 2,24 meter. Lebar jaring net sebesar 1 meter.

3. Bola yang Dipakai

Spesifikasi bola yang dipakai dalam permainan bola voli adalah berbentuk bulat, lapisan luarnya dari kulit yang lentur dan lapisan dalamnya karet atau sejenisnya. Bola voli memiliki keliling lingkaran 65 sampai 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram, tekanan udara bola sekitan 0,40 sampai 0,45 kg/cm.

4. Aturan Pertandingan


Seperti halnya olahraga lain, dalam permainan bola voli juga terdapat aturan-aturan tertentu agara permainan bola voli dapat berjalan dengan lancar. Pertauran permainan bola voli yang berlaku secara internasional diantaranya :

a. Perhitungan poin permainan bola voli
  • Apabila satu tim berhasil memasukkan/menjatuhkan bola ke daerah lawannya, maka tim tersebut mendapatkan poin.
  • Servis yang dilakukan harus melewati net dan masuk ke daerah musuh, jika tidak maka lawan akan mendapatkan poin.

b. Sistem pertandingan bola voli
  • Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan dibagi ke dalam dua grup, masing-masing grup terdiri dari 4 tim.
  • Setiap tim terdiri 10 pemain meliputi 6 pemain inti dan 4 cadangan 
  • Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlansung tidak dibatasi 
  • Pertandingan tak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga lain 
  • Jumlah minimum pemain yang boleh bermain sebanyak 4 orang, apabila di lapangan kurang dari 4 orang, makan tim yang bersangkutan akan di anggap kalah 
  • Setiap pertandingan berlangsung 3 babak, kecuali padak kedua babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ketiga tidak perlu di pertandingkan lagi. 
  • Sitem hitungan yang di gunakan adalah 25 rally point, bila angka kedua tim seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Timyang pertama kaliunggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan. 
  • Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapatkan nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapatkan nilai sama, maka penentuan juara grup dan runner up akan di lihat dari kualitas angka pada setiap set yang di mainkan. 
  • Tidak di perbolehkan melempar atau menangkap bola , bola voli harus di pantulkan. Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang. 
  • Setiap satu pemain tidak boleh melakukan double (dua kali mengenai bola) dan jumlah pukulan maksimal 3 kali di daerah sendiri kemudian di seberangkan ke daerah lawan. 
  • Bola yang keluar dari lapangan belum di hitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan 
  • Seluruh pemain harus berada didalam lapangan pada saat servis di lakukan 
  • Setiap tim diwajibkan bertukar di sisi lapangan pada saat setiap babak berakhir. Dan apabila di lakukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13 
  • Time out di lakukan hanya sekali dalam setiap babak dan berlangsung hanya dalam semenit.

5. Wasit Pertandingan

Pertandingan bola voli dipimpin oleh wasit utama (wasit I) di bantu dengan wasit II dan hakim garis. Selain itu ada juga petugas yang mencatat skor. Wasit utama melakukan tugasnya sambil duduk atau berdiri di salat satu ujung net.

6. Pelanggaran-pelanggaran

Berikut ini pelanggaran-pelanggaran dalam permainan bola voli, di antaranya :

a. Kesalahan saat servis
  • Mengulur-ngulur waktu ketika akan melakukan servis
  • Bola tidak di lambungkan 
  • Bola tidak di pukul dengan tangan 
  • Server ( pemain yang melakukan servis) menginjak atau keluar garis pembatas daerah servis sebelum bola dipukul.
b. Kesalahan Pelanggaran net
  • Pemain menyentuh net atau tiang net saat permainan berlangsung
  • Pemain mengulurkan tangan melewati net dan menyentuh bola sebelum lawan menyelesaikan serangan 
  • Kaki pemain melewati garis tengah saat bola dalam permainan 
  • Mengganggu pemain lawan dengan menyentuh atau menarik baju lawan

c. Pemain keluar dari posisi
  • Pemain tidak menempati posisi ketika server server sedang memukul bola
  • Pemain melakukan servis di luar gilirannya 
  • Pemain barisan belakang melancarkan serangan melewati garis serangan 
  • Pemain belakang melakukan blok dekat net 
  • Pemain pengganti kembali masuk permainan, tetapi tidak menempati posisi semula

C. INDUK ORGANISASI BOLA VOLI

Olahraga bola voli secara internasional di naungi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Induk organisasi bola voli dunia ini kantor pusatnya terletang di Lausanne, Swiss. FIVB sendiri didirikan di Paris, Perancis pada tahun 1947.

Sedangkan di Indonesia, olahraga bola voli di naungi oleh PBVSI ( Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). PBVSI berperan dalam mengatur regulasi pertandingan dan peraturan umum bola voli di indonesia. PBVSI resmi menjadi anggota FIVB pada tahun 1959. Pada saat itu telah ada 64 negara anggota FIVB, dan PBVSI menjadi anggota yang ke 62.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel